Tempat Belajar dan Berbagi Bersama Tentang Pendidikan

Rabu, 25 Oktober 2023

Mengelola Stress Siswa di Masa Pandemi

 Media Indonesia

12/ 10/ 2020

 


SEJAK skema belajar dari rumah diberlakukan pada Maret 2020, beragam masalah seputar pendidikan mulai mencuat ke permukaan. Tidak adanya kurikulum khusus yang mengatur skema PJJ di masa pandemi covid-19, membuat guru kelimpungan karena terbatas kapasitas dalam mengawal dan mengelolanya.

Minimnya pelatihan peningkatan kapasitas guru, yang selama ini lebih banyak bertumpu pada teknis pembelajaran, membuat guru tidak siap dalam mengelola PJJ dengan baik dan berpotensi memberi dampak buruk bagi siswa. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) misalnya, menyatakan banyak siswa merasa tertekan dan mengalami kelelahan dalam belajar hingga berujung stres selama PJJ. Tekanan ini antara lain disebabkan minimnya sarana pendukung PJJ seperti media/gawai pintar dan akses internet yang memadai. Survei yang dilakukan di 20 provinsi dan 54 kabupaten/ kota tersebut menyebutkan 73,2% siswa dari 1.700 responden, atau 1.244 siswa, mengaku terbebani tugas dari guru (KPAI: 2020).

Selengkapnya baca disini

0 komentar:

Posting Komentar