Saleum Sahabat teknologi!
Lagi, lagi, dan lagi! Sebagaimana
kejadian sebelumnya, saya mendapatkan tawaran untuk menjadi pemateri dalam
sebuah mata kuliah yang dilaksanakan bagi mahasiswa. Seorang dosen tiba-tiba
menghubungi saya setelah beliau melihat banyak sekali unggahan saya tentang
sesi berbagai di media sosial, begitu katanya. Ibu dosen tersebut adalah dosen
saya selama kuliah dulu dan kami masih terhubung sampai sekarang dengan tetap
mengikat kuat tali silaturrahmi yang sudah pernah terjalin.
Ibu dosen meminta saya melakukan
sesi berbagi dengan para mahasiswanya dalam mata kuliah Media Pembelajaran
Matematika. Mata kuliah ini dilaksanakan pertemuannya setiap hari Senin, pada
pukul 07.45 sampai 10.00 WIB. Saya dimohon untuk mengisi mata kuliah tersebut
dan membagikan ilmu yang saya miliki tentang menyiapkan media pembelajaran
matematika.
Menanggapi tawaran tersebut,
akhirnya saya menyepakati untuk berbagi tentang pembuatan media pembelajaran
matematika berbasis digital. Guna mendukung hal ini, pelaksanaan kegiatan
kuliah dilaksanakan di ruang laboratorium komputer agar seluruh mahasiswa
terfasilitasi komputer yang dapat digunakan untuk praktik langsung pemanfaatan
teknologi dalam pembuatan media teknologi digital.
Kegiatan kuliah tepat dimulai pukul
07.45 dan para mahasiswa sudah berada di ruangan yang telah ditentukan. Saya
langsung disambut oleh Ibu Dosen dan diantar langsung ke ruangan untuk kemudian
diperkenalkan kepada mahasiswa yang sudah berhadir disana. Setelah menyapa mahasiswa
secara akrab, saya kemudian langsung menuju ke tujuan utama, yaitu melaksanakan
kegiatan berbagi untuk peningkatan pemahaman mahasiswa tentang pemnafaatan
teknologi dalam membuat sebuah media pembelajaran.
Sebelum menuju ke poin utama dalam
membuat media pembelajaran, para mahasiswa yang terdiri dari 13 orang ini
terlebih dahulu saya tunjukkan praktik baik penerapan pembelajaran berbasis
digital dengan menggunakan media pembelajaran digital dalam pelajaran matematika
di sekolah. Media pembelajaran yang saya paparkan adalah media pembelajaran
interaktif yang dibuat menggunakan apliaksi Canva. Bagian ini menjadi penting
menurut saya karena selain perlu memahami cara membuat sebuah media
pembelajaran, para mahasiswa ini juga perlu dibekali pemahaman tentang
penggunaan media tersebut dalam proses pembelajaran. Sehingga sebagai calon
guru, mereka akan memiliki pemahaman yang baik dalam menerapkan media
pembelajaran digital dalam melaksanakan sebuah pembelajaran yang berkualitas.
Kegiatan berbagi praktik baik
pemanfaatan media digital ini saya paparkan secara rinci mulai dari tahap
persiapan, pelaksanaan, hingga refleksi. Hal ini juga menjadi penting untuk
diketahui oleh para mahasiswa untuk memberikan mereka gambaran tentang
persiapan sebuah pembelajaran yang ideal agar menghasilkan proses pembelajaran
yang bermutu. Pemahaman mengenai tahapan perencanaan juga menjadi bekal untuk
mewujudkan pelaksanaan pembelajaran yang baik sehingga proses pelaksanaan
pembelajaran akan berjalan lancar karena sudah dibarengi dengan persiapan yang
matang. Begitu pula tahap pelaksanaan dan refleksi. Kedua hal ini juga menajdi
kunci kesuksesan sebuah pembelajaran. Refleksi menjadi poin utama bagi pendidik
untuk melihat kembali apa yang sudah baik dan perlu diperbaiki dalam
pembelajaran. Adanya refleksi ini akan menguatkan pembelajaran yang berangsung
membaik pada pertemuan-pertemuan mendatang.
Selesai membagikan praktik baik yang
pernah saya terapkan, sesi selanjutnya adalah menunjukkan media pembelajaran matematika
yang pernah saya buat dan gunakan. Dalam sesi ini saya memaparkan bagaimana
pemanfaatan teknologi digital untuk membuat sebuah media pembelajaran
matematika. Adapun media yang saya tunjukkan adalah Media Pembelajaran
Interaktif (MPI) yang dibuat menggunakan Canva. Dalam MPI ini terdiri dari
berbagai konten pembelajaran seperti video, audio, dan teks untuk materi
rata-rata hitung. Para mahasiswa begitu antusias melihat dan menyimak pemaparan
saya tentang hal ini.
Selesai melakukan hal ini,
selanjutnya para mahasiswa meminta saya untuk menunjukkan cara membuat media
tersebut. Secara singkat saya melakukan tutorial pembuatan MPI untuk
mahasiswa-mahasiswa ini, termasuk di dalamnya membahas tentang cara mengganti latar,
memasukkan tombol, mengatur tema, memasukkan suara dan gambar, serta
menyesuaikan warna. Secara singkat namun cukup rinci saya memaparkan hal ini.
Beberapa mahasiswa saya lihat merekamnya menggunakan ponsel pinta mereka untuk
kemudian dapat digunakan di waktu yang berbeda nantinya.
Demikian keseruan momen menjadi dosen
sehari yang saya rasakan. Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi
para mahasiswa dan tentunya dapat mereka aplikasikan dalam pembuatan media
pembelajaran matematika nantinya. Semoga!
Mari menguatkan ekosistem digital pendidikan
dengan berkarya dan berbagi untuk wujudkan merdeka belajar!
Sahabat belajar semuanya dapat melihat
postingan perjalanan Pak Anas dalam PembaTIK 2023 ini melalui Instagram dengan klik disini dan Facebook dengan klik disini
#PusdatinKemendkbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#Pembatik2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar









0 komentar:
Posting Komentar