Tempat Belajar dan Berbagi Bersama Tentang Pendidikan

Rabu, 25 Oktober 2023

Tatap Muka Jilid #6: Menjadi Dosen Sehari

 Saleum Sahabat teknologi!


Lagi, lagi, dan lagi! Sebagaimana kejadian sebelumnya, saya mendapatkan tawaran untuk menjadi pemateri dalam sebuah mata kuliah yang dilaksanakan bagi mahasiswa. Seorang dosen tiba-tiba menghubungi saya setelah beliau melihat banyak sekali unggahan saya tentang sesi berbagai di media sosial, begitu katanya. Ibu dosen tersebut adalah dosen saya selama kuliah dulu dan kami masih terhubung sampai sekarang dengan tetap mengikat kuat tali silaturrahmi yang sudah pernah terjalin.

Ibu dosen meminta saya melakukan sesi berbagi dengan para mahasiswanya dalam mata kuliah Media Pembelajaran Matematika. Mata kuliah ini dilaksanakan pertemuannya setiap hari Senin, pada pukul 07.45 sampai 10.00 WIB. Saya dimohon untuk mengisi mata kuliah tersebut dan membagikan ilmu yang saya miliki tentang menyiapkan media pembelajaran matematika.


Menanggapi tawaran tersebut, akhirnya saya menyepakati untuk berbagi tentang pembuatan media pembelajaran matematika berbasis digital. Guna mendukung hal ini, pelaksanaan kegiatan kuliah dilaksanakan di ruang laboratorium komputer agar seluruh mahasiswa terfasilitasi komputer yang dapat digunakan untuk praktik langsung pemanfaatan teknologi dalam pembuatan media teknologi digital.

Kegiatan kuliah tepat dimulai pukul 07.45 dan para mahasiswa sudah berada di ruangan yang telah ditentukan. Saya langsung disambut oleh Ibu Dosen dan diantar langsung ke ruangan untuk kemudian diperkenalkan kepada mahasiswa yang sudah berhadir disana. Setelah menyapa mahasiswa secara akrab, saya kemudian langsung menuju ke tujuan utama, yaitu melaksanakan kegiatan berbagi untuk peningkatan pemahaman mahasiswa tentang pemnafaatan teknologi dalam membuat sebuah media pembelajaran.


Sebelum menuju ke poin utama dalam membuat media pembelajaran, para mahasiswa yang terdiri dari 13 orang ini terlebih dahulu saya tunjukkan praktik baik penerapan pembelajaran berbasis digital dengan menggunakan media pembelajaran digital dalam pelajaran matematika di sekolah. Media pembelajaran yang saya paparkan adalah media pembelajaran interaktif yang dibuat menggunakan apliaksi Canva. Bagian ini menjadi penting menurut saya karena selain perlu memahami cara membuat sebuah media pembelajaran, para mahasiswa ini juga perlu dibekali pemahaman tentang penggunaan media tersebut dalam proses pembelajaran. Sehingga sebagai calon guru, mereka akan memiliki pemahaman yang baik dalam menerapkan media pembelajaran digital dalam melaksanakan sebuah pembelajaran yang berkualitas.

Kegiatan berbagi praktik baik pemanfaatan media digital ini saya paparkan secara rinci mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, hingga refleksi. Hal ini juga menjadi penting untuk diketahui oleh para mahasiswa untuk memberikan mereka gambaran tentang persiapan sebuah pembelajaran yang ideal agar menghasilkan proses pembelajaran yang bermutu. Pemahaman mengenai tahapan perencanaan juga menjadi bekal untuk mewujudkan pelaksanaan pembelajaran yang baik sehingga proses pelaksanaan pembelajaran akan berjalan lancar karena sudah dibarengi dengan persiapan yang matang. Begitu pula tahap pelaksanaan dan refleksi. Kedua hal ini juga menajdi kunci kesuksesan sebuah pembelajaran. Refleksi menjadi poin utama bagi pendidik untuk melihat kembali apa yang sudah baik dan perlu diperbaiki dalam pembelajaran. Adanya refleksi ini akan menguatkan pembelajaran yang berangsung membaik pada pertemuan-pertemuan mendatang.

Selesai membagikan praktik baik yang pernah saya terapkan, sesi selanjutnya adalah menunjukkan media pembelajaran matematika yang pernah saya buat dan gunakan. Dalam sesi ini saya memaparkan bagaimana pemanfaatan teknologi digital untuk membuat sebuah media pembelajaran matematika. Adapun media yang saya tunjukkan adalah Media Pembelajaran Interaktif (MPI) yang dibuat menggunakan Canva. Dalam MPI ini terdiri dari berbagai konten pembelajaran seperti video, audio, dan teks untuk materi rata-rata hitung. Para mahasiswa begitu antusias melihat dan menyimak pemaparan saya tentang hal ini.


Selesai melakukan hal ini, selanjutnya para mahasiswa meminta saya untuk menunjukkan cara membuat media tersebut. Secara singkat saya melakukan tutorial pembuatan MPI untuk mahasiswa-mahasiswa ini, termasuk di dalamnya membahas tentang cara mengganti latar, memasukkan tombol, mengatur tema, memasukkan suara dan gambar, serta menyesuaikan warna. Secara singkat namun cukup rinci saya memaparkan hal ini. Beberapa mahasiswa saya lihat merekamnya menggunakan ponsel pinta mereka untuk kemudian dapat digunakan di waktu yang berbeda nantinya.

Demikian keseruan momen menjadi dosen sehari yang saya rasakan. Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi para mahasiswa dan tentunya dapat mereka aplikasikan dalam pembuatan media pembelajaran matematika nantinya. Semoga!

 

Mari menguatkan ekosistem digital pendidikan dengan berkarya dan berbagi untuk wujudkan merdeka belajar!

Sahabat belajar semuanya dapat melihat postingan perjalanan Pak Anas dalam PembaTIK 2023 ini melalui Instagram dengan klik disini dan Facebook dengan klik disini 

 

#PusdatinKemendkbudristek
#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#Pembatik2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

0 komentar:

Posting Komentar